intel coffee lake
intel coffee lake

Awal Oktober 2017 ini, Intel merilis jajaran prosesor desktop terbaru mereka dengan arsitektur Coffee Lake Generasi ke 8 (Intel Core i7-8700K). Jajaran prosesor desktop baru ini menjadi penerus dari Generasi ke 7th dengan arsitektur Kaby Lake yang diperkenalkan awal tahun 2017.

Apa yang Intel tawarkan? Untuk peluncuran ini, perusahaan intel telah mengirimkan dua processor terbesarnya untuk penggemar game. Intel Core i7-8700K dengan 6 core Hyper-Threaded yang berjumlah 12 thread, adalah chip Intel untuk pengguna yang paling ingin merelakan sebagian uang untuk mendapatkan performa yang maksimal.

Selain itu, disisi lain Intel juga mempunyai Intel Core i5 8400 yang merupakan prosesor 6 Core tanpa Hyper-Threading. Ini merupakan jenis chip yang mungkin anda temukan di PC Gaming mid-range. Mungkin lain kali kami akan membahasnya di artikel terpisah. Yang menarik dari Intel Core i5 8400 ini dapat di overclock tetapi dengan harga yang terjangkau.

Perubahan terbesar antara prosesor generasi ke 7 dan ke 8 adalah jumlah core inti. Ada peningkatan 50% dalam jumlah core dari 4 menjadi 6, dan peningkatan yang sama pada hyperthreading dari 8 menjadi 12. Ini adalah faktor terbesar dalam hal kinerja chip baru ini, namun bukan pada hanya perangkat tambahan yang telah diterapkan Intel pada produk baru ini.

Kenaikan core ini ditanamkan dalam keseluruhan lineup produknya. Chip Core i5 sekarang semuanya memiliki 6 core, bukan 4, ditambah i3 dengan 4 core untuk pertama kalinya.

Intel-Coffee-Lake-Core-i7-8700K
Intel-Coffee-Lake-Core-i7-8700K

Tidak hanya kenaikan core, tapi ada arsitektur dasar yang diperbarui. Ini menghadirkan sedikit kemajuan dari prosesor desktop generasi sebelumnya. Pada generasi ke 7 menggunakan arsitektur Kaby Lake, sedangkan generasi ke 8 menggunakan arsitektur Coffee Lake. Kedua teknologi tersebuy berasal dari generasi ke 6 Skylake yang menggunakan proses produksi 14 nanometer.

Singkatnya, semakin kecil proses produksi, maka semakin banyak transistor yang bisa dimuat pada sepotong silikon tertentu. Semakin efisiennya proses ini, semakin efisien juga chip yang dihasilkan dan konsumsi daya juga semakin sedikit juga chip tidak menjadi terlalu panas dan itu akan mempengaruhi prosesor ini menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Review Lenovo IdeaPad 120S-14IAP: Laptop 3 Jutaan SSD & Windows 10

Selain proses modifikasi, Intel juga menggembar-gemborkan potensi overclocking yang meningkat, Profil Memori eXtreme yang ditingkatkan (XMP) dan bahkan kemampuan untuk mengubah timing RAM tanpa harus melakukan boot ulang PC Anda setiap saat.

Dalam pengujian i7-8700K ini berada pada puncak tertinggi. Base clock yang dihasilkan sebesar 3.7GHz dan bisa sampai diatas 4.7GHz. Tersedia 6 Core dengan masing-masing memiliki 2 MB Cache dan totalnya sebesar 12MB. Nilai TDP juga berada pada 95W yang mana identik dengan Intel Core i7 7700K 4 Core. Tanda huruf K diakhir merupakan penamaan yang menunjukkan Core tidak terkunci, dimana kita diizinkan untuk meng-overclock prosesor ini.

Prosesor i7-8700K ini tidak dikirim dengan pendingin bawaan karena merupakan seri overclock. Anda harus membeli pendingin terpisah atau mungkin bisa menggunakan Water Cooling agar bisa mengatasi overclock dengan tepat. Anda juga diharuskan membeli RAM DDR4 yang mempunyai speed tinggi karena Coffee Lake mengijinkan RAM beroperasi pada 2666MHz untuk mendapatkan performa yang tinggi.

Untuk pemilihan motherboard, ada baiknya anda mencoba chipset Z370 yang terbaru, karena saat ini hanya chipset itu saja yang dapat digunakan untuk memasang prosesor generasi 8 ini. Ini merupakan kabar buruk bagi anda yang sudah membeli motherboard Z170 atau Z270 yang baru setahun yang lalu yang berharap akan kompabilitas upgrade ke prosesor generasi ke 8 ini. Kenapa saya katakan kecewa, karena Z370 tidak membawa perubahan yang signifikan selain dukungan prosesor generasi 8.

Intel Core i7-8700K – Kinerja dan Tolak Ukur

Penyiapan pengujian :

  • Intel: Asus Prime Z370-A
  • AMD: AsRock B350 Gaming K4
  • NZXT Kraken 240mm liquid cooler
  • Corsair Vengeance 16GB DDR4
  • GPU MSI Armor GTX 1070
  • Samsung 960 Evo SSD

Pertama, dalam tes single-core, hasil test menunjukkan belum ada banyak perbaikan dari i7-7700K. Hal ini menunjukkan fakta bahwa Core individu di i7-8700K tidak berbeda dengan pendahulunya. Paling tidak skor signifikan 43 poin lebih tinggi dari Core i7-4790K. Seperti yang diharapkan, kecepatan clock yang lebih tinggi (4.7GHz vs 4GHz) dan arsitektur single-core yang lebih baik secara keseluruhan melihat i7-8700K melibas pesaingnya Ryzen 7 1800X.

Baca Juga :  Harga iPhone X, Review dan Spesifikasi Terbaru 2017
i7 8700k cinebench single core
i7 8700k cinebench single core

Tapi kita lebih berantusias untuk mencoba multi corenya bukan ? Di sinilah mereka akan menunjukkan kekuatannya dan ini cukup banyak hasilnya.

i7 8700k cinebench multi core
i7 8700k cinebench multi core

Intel Core i7-8700K – Overclocking

Overclocking adalah bahasan yang menarik. Kecepatan clock Turbo Boost 4.7GHz secara default hampir tidak menggores permukaan chip ini, dan di sinilah prosesor AMD Ryzen 7 harus sangat dikhawatirkan.

Motherboard Asus Prime Z370-A memiliki fitur overclocking otomatis yang sangat baik yang dapat digunakan dengan mudah untuk mengoverclock i7-8700K hingga 5.1GHz, meningkatkan voltase inti menjadi 1.4V. Ini cukup stabil. Saya tidak menemukan blue screen saat menggunakannya. Namun, pertimbangkan overclock ini jika Anda memiliki water cooling yang layak.

Saya harus mengubah Kraken NZXT saya ke mode Performa untuk membawa suhu di bawah 92 ° C, dan dibiarkan melayang sekitar 85 ° C di bawah beban. Saya tidak ingin tetap berada pada suhu seperti itu sepanjang waktu, tapi dengan pendingin kinerja yang lebih tinggi, ini harus menjadi overclock yang menyenangkan. Sebagai perbandingan, dalam kondisi yang sama, namun pada kecepatan stok, chip berjalan sekitar 70-75 ° C yang masih masuk akal. Saya mencoba mengurangi voltase prosesor menjadi di bawah 1.4V dengan sedikit keberhasilan saat overclocking.

i7 8700K cinebench-Overclock
i7-8700K cinebench-Overclock

Fakta bahwa i7-8700K mudah di overclock menjadi 5.1GHz adalah bukti perangkat tambahan yang dibuat pada arsitektur Intel 14nm. Tahun lalu, saya berjuang untuk melampaui 4,9GHz di i7-7700K saya.

Haruskah Saya Membeli Intel Core i7-8700K?

Dengan kemampuan overclock yang mengerikan, kecepatan inti tunggal yang substansial, 6 inti dan 12 hyperthread, Core i7-8700K merupakan respons serius terhadap AMD Ryzen. Dalam tes benchmarking, jelas bahwa ini adalah penyiar yang mengesankan dan cukup sederhana sebagai pemimpin pasar untuk bermain game.

Baca Juga :  Harga iPhone 8 & iPhone 8 Plus dan Spesifikasi November 2017

Namun, jika kecepatan game kurang diprioritaskan atau Anda ingin menghemat uang, AMD memiliki beberapa kelebihan. Pertama, sudah memiliki sejumlah besar motherboard yang tersedia. Motherboard chipset B350 hanya bisa ditemukan dengan harga yang lebih ekonomis yang memungkinkan untuk overclocking dan semua fitur lain yang dibutuhkan PC gaming mainstream. Bandingkan dengan Z370. Meskipun saya belum memiliki harga untuk motherboard ini, tapi pastinya akan sangat tinggi mengingat motherboard ini memungkinkan untuk overclocking.

Keuntungan kedua AMD adalah prosesor 8 inti yang jauh lebih besar, yang dapat ditemukan dengan harga yang jauh lebih murah. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan kinerja single core dan hanya menginginkan tawaran multi-thread besar, AMD tetap memegang mahkota nilai di sini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Intel Core i7-8700K
Author Rating
51star1star1star1star1star

Komentar

komentar